Pengenalan Ms. Excel

 index 

Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).

Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.

Untuk memulai excel, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Klik tombol start pada keyboard

1

Gambar 2.1

  1. Ketiklah kata “excel” pada tampilan awal, lalu klik excel 2013

2

Gambar 2.2

  1. Setelah beberapa saat, maka akan muncul tampilan dasar Microsoft excel

3

Gambar 2.3

  1. Lalu klik blank workbook untuk memulai menjalankan aplikasi Microsoft Office Excel 2013

4

Gambar 2.4

 

Menu Pada Microsoft Excel

5

Gambar 2.5

  1. Menu Bar

Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Office Excel antara lain :

  1. File
  2. Home
  3. Insert
  4. Page layout
  5. Formulas
  6. Data
  7. Review
  8. View

2.Status Bar

Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.

  1. Title Bar

Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :

  1. Ikon Control Menu
  2. Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
  3. Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
  4. Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
  5. Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk ikon.
  6. Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memenuhi layar.
  7. Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.

4. Formula bar

Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.

  1. Petunjuk Sel (Cell Pointer)

Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain :

6


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasukkan Gambar ke Dalam Power Point

3 Cara Membuat Tulisan Miring (Italic) di Word

3 Cara Membuat Tulisan Bold